Rabu, 30 November 2011

BOLEH COPAS KAWAN ASAL….



Dear Kawan…
Banyaknya keluhan-keluhan yang datang dari para penulis artikel online, ebook, dan para web master membuat saya sedikit tergelitik untuk menulis artikel ini. Siapa sih yang nggak risih atau mungkin bahkan “marah”, kalau  rtikel yang kita buat susah-susah, capek-capek lalu kemudian dicopas (copy paste) oleh orang lain begitu saja tanpa mau menyebutkan sumber aslinya.
Apalagi artikel tersebut adalah artikel online yang memungkinkan siapa saja melakukan plagiat tanpa harus susah payah. Tinggal klik kanan, maka jadi. Tentu saja kalau hal ini dibiarkan terus menerus akan merugikan si penulis dan juga mereka yang memiliki hak sebagai orang yang memiliki hak cipta atas tulisan tersebut.
Sebenarnya konsep copas alias copy paste bukanlah hal yang tidak diperbolehkan kalau itu masih dalam batas aturan-aturannya. Jadi untuk Anda yang memang ingin mengcopas suatu artikel atau ebook entah karena belum bisa menulis, sibuk dengan urusan lain, atau memang nggak mau ribet dengan menulis, sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan metode copas ini, asalkan…..

==> Anda menyebutkan sumber aslinya
Ya, sebagai orang yang telah bersusah payah menulis artikel tersebut, kita patut memberikannya kredit. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan dia kredit backlink ke sumber aslinya, memberikan feed ke blog yang bersangkutan, atau kalau aturan diperbolehkan copasnya tidak terlalu ketat, Anda cukup memberikan keterangan sumber di bagian bawah tulisan tersebut, semacam footnote.

“Penting !
Cara copy paste (copas) di atas bisa Anda lakukan, tatkala penulis memang benar-benar membolehkan artikel tersebut dicopas dan tidak berlaku pada mereka yang tidak tidak memperbolehkan mengcopy paste apalagi sampai menjualnya”.

==> Boleh tidak perlu menyebutkan sumber asal ada izin dari penulis
Kalau yang ini sebenarnya tergantung dari kebaikan hati sang panulis dan mungkin agak sedikit jarang ketimbang mereka yang tidak suka dicopas, tapi tetap saja ada lho..Mungkin karena ada kepentingan tersendiri dan faktor independensi lain, kita diperbolehkan melakukan copas tanpa harus menyebutkan sumber asalnya.
Ya, sebenernya urusan tidak dan diperbolehkannya copas mengcopas ini tak jauh-jauh dari penulis itu sendiri, masalah orang bilang apa kan itu lain lagi. Untuk itulah, sebaiknya jika Anda memang ingin melakukan copas atau bahkan pelanggan copas suatu blog tertentu, alangkah baiknya jika Anda langsung bernegoisasi dengan yang bersangkutan.

Sebaliknya, bagi penulis sendiri sebenarnya bukan tidak diuntungkan sama sekali ketika kita membuat artikel lalu dicopas orang, bahkan bisa sangat menguntungkan.
 Dengan catatan, si tukang copas menyebutkan sumber asli atau memberikan kredit link. Saran saya, kalau ada orang yang copas artikel Anda bilang saja boleh copas asal memberikan sumber asal berupa kredit backlink.
Tuh kan, malahan untung berlipat-lipat, di antaranya:
1.    Nama Anda menjadi populer, tentu ini sangat penting dalam usaha kita membangun branding di bisnis internet.
2.     Kita mendapat backlink gratis, sangat berguna untuk SEO ( Search Enggine
 Optimalized ).
3.     Artikel kita menjadi populer, bahkan sangat mungkin terjadinya duplikasi jika ada orang
 lain yang mengcopas dari yang pertama tadi.
4.     Bahkan sebagian mereka yang asal copas kadang mereka tidak tahu kalau di artikel
 online kita tertanam banyak link yang tentu sangat berpengaruh membantu artikel kita
 yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar